Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]

Kunjungan KPN Medika RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda ke KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardjito

Yogyakarta – Ketua KPRI Melati Husada,  Mochammad Rochimul Umam, SE.Akt, M.Kes. menerima kunjungan studi banding dari ketua dan pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Medika RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito, Jum’at (13/4). Dalam kunjungan ini pula, turut hadir pengawas KPRI Melati Husada, Wahyu Tri Yulianto, SE yang menyampaikan bahwa koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia dan dalam perjalanannya, KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardjito telah bersinergi memenangkan Green Hospital dalam pengelolaan Bank Sampah. Selain mengelola Bank Sampah, bidang usaha KPRI Melati Husada meliputi Simpan Pinjam, Minimarket, Usaha Kerjasama, Pelayanan Fotocopy, Pelatihan Anggota, Pasar Ramadhan dan kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI) .

Pada bulan Januari 2014, telah dibuka Toko Koperasi (Mini Market KPRI Melati Husada 1), Toko Koperasi Mini Market KPRI Melati Husada 2 pada bulan Desember 2014 dan Toko Koperasi Mini Market KPRI Melati Husada 3 pada akhir bulan Desember 2016 yang bekerjasama dengan rekanan menggunakan sistem bagi hasil dan dikelola secara professional layaknya mini market pada umumnya. Layanan tambahan juga mulai dirintis berupa penjualan pulsa, pembayaran listrik, telepon dan kredit, serta kerjasama penjualan tiket travel Efisiensi (Jogja-Cilacap), Joglo Semar (Jogja-Solo-Semarang), rental mobil Prasindo, serta PT Pos Indonesia (jasa kurir surat dan barang). KPRI Melati Husada juga melakukan usaha kerjasama dengan beberapa dealer sepeda motor seperti Honda, Suzuki dan Yamaha dalam hal penyediaan sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan anggota. Layanan fotokopi di RSUP Dr. Sardjito disediakan di 2 tempat  yaitu di dekat Instalasi Radiologi dan di depan lobi Instalasi Rawat Jalan.

Bank Sampah Melati Husada adalah suatu pengelolaan sampah dan limbah hasil dari kegiatan rumah sakit dengan manajemen reduce, reuse dan recycle. Civitas hospitalia turut berpartisipasi dalam mendukung program Bank Sampah dengan ikut “menabung sampah”, mereka akan memperoleh suatu buku tabungan yang berisi nominal tertentu sesuai dengan sampah yang disetorkan kepada petugas bank sampah. Sampah yang disetorkan tentunya akan dipilah terlebih dahulu untuk kemudian ditimbang dan ditentukan harga penggantinya. Dengan penerapan sistem Bank Sampah ini, RSUP Dr. Sardjito turut mendukung program pemerintah dalam menangani sampah agar lebih ramah lingkungan melalui penerapan sistem reduce, reuse dan recycle.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment