Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Table Top Exercise Penanggulangan Bencana Kebakaran di RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – RSUP Dr. Sardjito menggelar Table Top Exercise Penanggulangan Bencana Kebakaran yang diikuti oleh seluruh komponen yang ada di Rumah Sakit, Selasa (21/8). Bertempat di Ruang Utama Gedung Diklat lantai IV RSUP Dr. Sardjito, acara dibuka oleh Direktur Pendidikan dan SDM, dr. Djoko Windoyo, Sp. RM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang sistem keamanan bencana, khususnya kebakaran yang berpotensi terjadi di setiap gedung yang ada di lingkungan RSUP Dr. Sardjito. Penanganan teknis di setiap gedung harus diperkuat karena setiap gedung mempunyai karakter yang berbeda sehingga penanganannya pun lain. Direktur meminta kepada semua pihak untuk saling berkoordinasi terus-menerus demi keamanan bersama sesuai dengan Standar Opersional Prosedur penanggulangan bencana di lingkungan rumah sakit.

Kegiatan Table Top Exercise ini diikuti oleh 57 satuan kerja yang dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu komando, logistik, keuangan, operasional dan perencanaan. Acara dipandu oleh seorang Kepala Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dr. RR. Roosmirsa Gayatri, M.Sc sebagai moderator yang membagi latihan menjadi 2 sesi skenario. Skenario pertama, terjadi kebakaran karena konsleting listrik di pantry Bangsal Indraprasta lantai 5 yang saat itu tengah merawat 12 pasien. Skenario ke 2, terjadi kebakaran di IRNA 3 dengan kendala terbatasnya SDM sehingga harus berkoordinasi dengan satuan  kerja lain di lingkungan RSUP Dr. Sardjito.

Acara Table Top Exercise ini bertujuan untuk memperjelas dan memperkuat garis koordinasi yang harus dilakukan baik internal maupun eksternal apabila berada dalam keadaan bencana atau paska bencana serta melakukan koreksi atau perbaharuan prosedur yang harus dilakukan dalam penanganan bencana oleh masing-masing satuan kerja sebelum pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana di lapangan.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.