







Pengantar
Pelayanan Home Care adalah pelayanan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dengan cara datang ke rumah atau tempat tinggal pasien. Pelayanan tersebut dilakukan secara terjadwal dan terencana sesuai kebutuhan pasien dan bukan untuk keadaan darurat. Pelayanan kesehatan yang akan dilakukan dibuat dalam Rencana Tindakan Sementara (RTS) yang disetujui oleh penanggung jawab keluarga pasien dan selanjutnya dibuat Rencana Pelayanan Komprehensif (RPK) sebagai program layanan Home Care untuk 3 bulan berikutnya. Cara pembiayaan Home Care Sardjito adalah menggunakan sistem transfer online sebagai layanan umum (bukan BPJS).
Profil
Layanan Home Care Sardjito merupakan layanan yang dimiliki oleh RSUP Dr. Sardjito dan didirikan oleh dr. Triwibowo, Sp.PD., DTH. sejak 23 Maret 2000. Hal yang melatarbelakangi pendirian Sardjito Home Care adalah adanya keinginan pasien dirawat di rumah, namun terhalang pada kemampuan keluarga untuk mengelola dan merawat pasien, baik disebabkan oleh karena kompleksnya penyakit pasien, ataupun keluarga belum mengetahui cara merawat pasien dengan kondisi atau penyakit tertentu dengan baik.
Selain itu, RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit rujukan tersier memiliki pengalaman merawat dan mengelola pasien dengan penyakit kronis dengan kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu, Home Care Sardjito hadir untuk melayani dan membantu keluarga untuk merawat pasien yang masih membutuhkan perawatan lanjutan ataupun pemeliharaan kesehatan di rumah atau tempat tinggal mereka.
Saat ini layanan Home Care Sardjito memiliki beragam layanan yang mencakup layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, hingga perawatan paliatif. Sehingga Home Care Sardjito tidak hanya ditujukan kepada pasien yang sedang sakit, namun layanan ini juga menjangkau individu yang sehat untuk pencegahan penyakit seperti layanan vaksinasi, pemeriksaan laboratorium dan rekam jantung di rumah sebagai bagian dari medical check-up rutin. Layanan kami memiliki tim multidisipin dari berbagai profesi kesehatan, sehingga pelanggan mendapatkan layanan secara komprehensif, holistik, dan berkelanjutan.
Untuk mengetahui informasi Layanan Home Care RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, silakan download flyer di bawah ini :
Modul Layanan Home Care (Dokumen A4) 19-9-222 (download)
Produk Layanan Unggulan
- Pemeriksaan medis umum oleh dokter umum
- Perawatan umum meliputi perawatan luka, pemasangan sonde/NGT, kateter urin, perawatan alat kesehatan lain yang terpasang pada pasien, pemasangan infus dan injeksi obat, suction, nebulisasi, higiene tubuh seperti oral dan vulva higiene, memandikan, keramas, dan potong rambut.
- Layanan rehabilitasi medik oleh fisioterapis.
- Asuhan nutrisi oleh ahli gizi atau nutrisionis meliputi asesmen gizi, menyusun menu dan jadwal makan, mengajarkan cara pembuatan bubur sonde.
- Layanan konsultasi atau pemeriksaan medis spesialis, dengan memperhatikan saran dokter umum.
- Tindakan medis meliputi transfusi darah dan transfusi albumin di rumah.
- Paket untuk individu sehat: layanan vaksinasi, pemeriksaan laboratorium untuk medical check-up.
- dan layanan kesehatan lainnya sesuai kebutuhan pasien.
Tim Layanan Unggulan
- Dokter umum dan dokter spesialis
- Perawat
- Fisioterapis
- Ahli Gizi atau nutrisionis
- Rohaniwan
- Psikolog
Fasilitas Peralatan
- Kasur antidekubitus
- Bed rumah sakit nonelektrik
Penelitian dan Publikasi
Jejaring RS Mitra
- Puskesmas
- Jamkesos DIY
Agenda Kegiatan Ilmiah Mendatang
Aksesibilitas
Ketentuan Home Care Sardjito
- Pengisian link pendaftaran dapat dilakukan kapan saja, verifikasi oleh petugas akan dilakukan pada Senin-Jumat 7.30-15.00 WIB
- Informasi pelayanan Home Care Sardjito dapat menghubungi petugas di hari Senin – Jumat jam 7.30-15.00 WIB atau WhatsApp Pendaftaran & Info Layanan di nomor 0822-4270-7070
- Untuk informasi terkait Jadwal Kunjungan Petugas silakan hubungi nomor 0878-3938-7638
- Waktu kunjungan petugas disepakati bersama antara petugas Home Care dengan pasien/keluarga.
- Home Care Sardjito merupakan layanan yang terencana, sesuai dengan kebutuhan pasien dan kesepakatan bersama antara petugas dengan pasien/keluarga.
- Home Care Sardjito BUKAN layanan gawat darurat dan pembiayaan bersifat umum (Bukan BPJS)
- Jadwal kunjungan Medis dan petugas Home Care:
Dokter dan selain perawat : Senin-Jumat jam 07.30-15.00 WIB
Perawat : Setiap hari pukul 07.30-20.30 WIB
- Biaya Layanan Home Care yang sudah ditransfer tidak dapat dipindahtangankan ataupun diuangkan kembali kecuali memenuhi syarat dan ketentuan Bagian Perbendaharaan dan Akuntansi RSUP Dr. Sardjito.
- Ketentuan dan Tarif layanan Home Care sewaktu-waktu dapat berubah (dapat dilihat melalui website: modul informasi tarif dan paket layanan atau melalui aplikasi Klik Sardjito Aja*)
*Aplikasi pendaftaran online dalam tahap pengembangan
Hubungi Kami
WhatsApp : 0822-4270-7070 (Info Layanan)
Telepon : (0274) 549516/ 587333, Pesawat 1677
Loket Pendaftaran : Senin-Jumat Pukul 7.30-15.00 WIB
Gedung IGD Infeksi RSUP Dr. Sardjito Lantai 2 (Unit Home Care)
Website : https://sardjito.co.id/rujukan-nasional/homecare/
Google Play : Klik Sardjito Aja (Pendaftaran Online)
Cara Merujuk
Alur bagi pasien sakit (baik sesudah rawat inap maupun bukan dari rawat inap), setelah pendaftaran Home Care Sardjito keluarga melanjutkan memilih Paket Awal berupa kunjungan dokter dan perawat untuk menilai kondisi pasien serta untuk perencanaan program layanan Home Care yang disepakati oleh keluarga sebelum dilakukan tindakan medis/nonmedis lainnya.