Pengantar
Peran Layanan Home Care dalam pengelolaan pasien pelanggan rumah sakit adalah melayani masyarakat yang karena kondisi fisik dan lingkungannya mereka tidak dapat datang ke rumah sakit.
Sampai saat ini setidaknya ada tiga kelompok pasien yang dirawat sesuai tujuan dari perawatannya :
- Kelompok pasien yang masuk dalam Program Pelayanan Promotif Preventif
- Kelompok pasien yang masuk dalam Program Pelayanan Rehabilitatif
- Kelompok pasien yang masuk dalam Program Pelayanan Paliatif
Profil
Pelayanan Home Care adalah pelayanan yang dilakukan petugas pelayanan dengan cara datang ke rumah pasien. Pelayanan tersebut terencana sesuai kebutuhan pasien dan bukan untuk keadaan darurat. Untuk pelayanan di rumah pihak home care secara aktif menawarkan detail rencana pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien terutama berhubungan dengan jenis pelayanan dan pembiayaan. Pelayanan yang dilakukan hanya pelayanan yang mendapat persetujuan pasien dan keluarganya. Hal ini diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelayanan Komprehensif (RPK) dan Rencana Tindakan Sementara (RTS).
Cara pembiayaan home care adalah menggunakan sistem pra bayar atau deposit minimal untuk 1 bulan pelayanan, dan belum dijamin oleh BPJS.
Produk Layanan Unggulan
- Pemeriksaan Medis Umum dan Spesialis
- Konsultasi Medis
- Tindakan Medis meliputi transfusi darah/ albumin, Plebotomy, Pungsi Ascites, serta pemberian obat-obat injeksi, dan lainnya
- Asuhan Keperawatan Umum
- Tindakan Keperawatan meliputi pemasangan/ penggantian selang sonde ( NGT, OGT), pemasangan/ penggantian kateter, tube pernafasan, perawatan luka ( decubitus, ulkus DM, luka setelah operasi dll) dan penghisapan lendir ( suctioning )
- Pelayanan Rehabilitasi Medik terkait dengan fisiotarapi
- Asuhan Nutrisi meliputi evaluasi status gizi, konseling gizi dan menyusun menu.
- Kunjungan Psikolog
- Pelayanan Pramurukti
- Kunjungan Rochaniwan
- Pelayanan Penyuluhan Kelompok
- Pelayanan Pendampingan Perjalanan Pasien
- Pelayanan Penunjang ( khusus pasien yang sudah terdaftar dalam layanan home care) meliputi sewa bed dan kursi roda, sewa alat medis keperawatan seperti suction pump, standar infus, kasur anti decubitus serta pelayanan penyediaan obat.
Tim Layanan Unggulan
- Dokter
- Perawat
- Fisioterapis
- Ahli Gizi
- Psikolog
- Pramurukti
- Rohaniwan
Fasilitas Peralatan
- Home oxygen therapy
- Home parenteral nutrition
- Home enteral nutrition and tube feeding
- Home pain management
- Home transfusion
- Home – based hospice programme
Penelitian dan Publikasi
Jejaring RS Mitra
- Puskesmas
- Jamkesos DIY
Agenda Kegiatan Ilmiah Mendatang
Aksesibilitas
Pelayanan pendaftaran pasien dilayani dengan 2 cara :
- Keluarga pasien datang ke sekretariat home care
Jam layanan sekretariat home care, setiap hari Senin – Jum’at pukul 08.00 – 15.00 WI
2. Keluarga pasien menghubungi lewat telepon : (0274) 549516/ (0274) 587333, Pesawat 1677